Berikut adalah perangkat pembelajaran pai sd kurikulum 2013 semester 2 yang akan kami bagikan pada postingan kali ini. Kami harap dengan adanya perangkat pembelajaran yang kami sediakan diblog kami ini menjadikan satu acuan atau referensi sebagai pembuatan administrasi. Jadi Bapak ibu guru SD Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang melakukan Penelusuran yang terkait dengan perangkat pembelajaran SD Kurikulum 2013 Revisi 2017, dibawah ini kami sediakan perangkat pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) SD berupa RPP PAI kelas 1, Kelas 2, Kelas 3, Kelas 4, Kelas 5, dam Kelas 6 SD kurikulum 2013 revisi 2017.
Setiap guru wajib membuat perangkat pembelajaran baik berupa Promes, Prota, Silabus, KKM, RPP, dan perangkat pembelajaran lainnya.
Saat ini setiap sekolah sudah harus wajib menggunakan Kurikulum 2013 yang setiap tahunnya dilakukan penyempurnaan agar pendidikan berhasil. dibawah ini kami sediakan perangkat pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) SD berupa RPP PAI kelas 1, Kelas 2, Kelas 3, Kelas 4, Kelas 5, dam Kelas 6 SD kurikulum 2013 revisi 2017.
Dibawah ini kami sediakan satu contoh RPP dari kelas 6 :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Indahnya Saling Menghormati
Nama Sekolah : SD ...................................
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester :
VI / I
Materi Pokok : Q.S. Al-Kafirun
Alokasi Waktu : 4 x 4 Jam Pelajaran (3
pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI-1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
KI-2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4 Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1.
|
1.5 Terbiasa membaca Al-Quran
dengan tartil.
|
|
2.
|
2.12 Memiliki sikap
toleran dan simpati
kepada sesama
sebagai implemantasi dari
pemahaman
isi kandungan
Q.S.
Al-Kafirun dan
Q.S. Al- Maidah (5):2
|
|
3.
|
3.1 Mengetahui makna Q.S. Al-Kafirun
dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
|
3.1.1 Mengetahui makna Q.S. Al-Kafirun
dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
|
4.
|
4.1 Membaca Q.S. Al-Kafirun dan
Al-Maidah
(5): 2
dengan jelas
dan benar
4.2
Menulis Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah
(5): 2
dengan benar
4.3
Menyebutkan
arti Q.S. Al-Kafirun
dan Al-Maidah (5):2 dengan benar
4.4 Mencontohkan perilaku
toleran dan
simpati
sebagai implementasi
dari pemahaman
Q.S. Al Kafirun
dan Q.S. Al-Maidah (5): 2
|
4.1.1 Membaca Q.S. Al-Kafirun
dan Al-Maidah
(5): 2
dengan jelas
dan benar
4.2.1 Menulis Q.S. Al-Kafirun dan
Al-Maidah
(5): 2
dengan benar
4.3.1 Menyebutkan arti Q.S. Al-Kafirun dan
Al-Maidah (5):2 dengan benar
4.4.1 Mencontohkan perilaku toleran
dan simpati
sebagai implementasi
dari pemahaman
Q.S. Al Kafirun
dan Q.S. Al-Maidah (5): 2
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat:
Terbiasa membaca Al-Quran
dengan tartil
Memiliki sikap
toleran dan
simpati kepada sesama
sebagai implemantasi dari
pemahaman
isi kandungan
Q.S.
Al-Kafirun dan
Q.S. Al- Maidah (5):2
Mengetahui makna Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
Membaca Q.S. Al-Kafirun dan
Al-Maidah
(5): 2
dengan
jelas dan
benar
Menulis Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
Menyebutkan arti
Q.S. Al-Kafirun
dan Al-Maidah (5):2 dengan benar
Mencontohkan perilaku toleran
dan simpati
sebagai implementasi dari
pemahaman
Q.S. Al Kafirun
dan Q.S. Al-Maidah (5): 2
D. Materi
Pembelajaran
Bacaan Q.S. Al-Kafirun
Makna
Q.S. Al-Kafirun
Arti Q.S. Al-Kafirun
Pesan Q.S. Al-Kafirun
E. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah interaktif (menceritakan
dan menjelaskan kisah melalui gambar
atau tayangan visual/film yang
bersifat kontekstual kekinian)
2.
Diskusi dalam bentuk the educational-diagnose meeting
artinya peserta didik
berbincang
F. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
Illustrasi
gambar atau tayangan visual (film) yang
relevan.
2. Alat:
Kertas karton, CD, proyektor, laptop, televisi, vcd player, layar
3. Sumber Pembelajaran:
Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti Untuk SD/MI Kls VI.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (20 menit)
Pembelajaran dimulai dengan:
1) guru mengucapkan salam dan berdo’a
bersama;
2) guru memeriksa kehadiran, kerapihan
berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
3) guru menyapa peserta didik; dan
4) guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Untuk lebih jelasnya dari uraian RPP PAI Kelas 6 dapat bapak ibu guru unduh dibawah ini sudah kami siapkan secara lengkap.
Link Download
Download dibawah ini:
Silabus PAI kelas 1-6 SD Kurikulum 2013 revisi 2017
- RPP PAI kelas 1 SD Kurikulum 2013 revisi 2017
- RPP PAI kelas 2 SD Kurikulum 2013 revisi 2017
- RPP PAI kelas 3 SD Kurikulum 2013 revisi 2017
- RPP PAI kelas 4 SD Kurikulum 2013 revisi 2017
- RPP PAI kelas 5 SD Kurikulum 2013 revisi 2017
- RPP PAI kelas 6 SD Kurikulum 2013 revisi 2017
Terimakasih, semoga dari file yang kami share dapat bermanfaat untuk bapak dan ibu yang membutuhkan perangkat sekolah kurikulum 2013.
إرسال تعليق