Syarat Proses Pengajuan NUPTK bagi Calon Penerima NUPTK

Syarat Proses Pengajuan NUPTK bagi Calon Penerima NUPTK || Sebagai seorang guru berlisensi di Indonesia, memperoleh NUPKT atau Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan merupakan langkah penting dalam memajukan karir Anda di sektor pendidikan. 

Nomor identifikasi unik ini berfungsi sebagai bukti kelayakan untuk bekerja sebagai pendidik di sekolah negeri dan swasta di seluruh negeri. Dengan penerapan peraturan dan persyaratan baru, penting untuk memahami proses pengajuan NUPKT, terutama bagi mereka yang ingin mendapatkannya pada tahun 2023. 
Dalam posting blog ini, kami akan memberikan Anda panduan lengkap tentang cara mengajukan NUPKT pada tahun 2023, dan persyaratan penting yang harus dipenuhi untuk memastikan aplikasi Anda berhasil.

NUPTK adalah Nomor Unik Pegawai Dan Tenaga Pendidik yang berada di intansi pendidikan sebagai guru ataupun Tendik ( Tata Usaha), Penjaga Sekolah, Penjaga Perpustakaan, Penjaga Kebersihan berhak mendapatkan NUPTK selama mereka aktif di sekolah dan terdata di aplikasi dapodik.

Dewasa ini NUPTK keberadaanya sangat penting dan banyak yang membutuhkan di sejumlah wilayah yang termasuk kategori Guru Honor. Karena NUPTK bagi guru dan Tendik ibarat sebuah kendaraan yang memiliki Plat Nomor sebagai identitasi kendaraan tersebut untuk menjaga ketertiban berkendara di lalulintas.
Syarat Proses Pengajuan NUPTK bagi Calon Penerima NUPTK

Maka, bagi guru untuk memiliki NUPTK agar status kepegwaian menjadi Tendik dan Pengajar agar di akui oleh Dinas Pendidikan kabupaten/kota/provinsi/pusat yang terdata di dalam aplikasi dapodik. Dengan terdata di aplikasi dapodik secara real maka semua guru berhak mengikut proses pengajuan NUPTK setiap tahun di tahun ajaran baru.

Syarat Proses Pengajuan NUPTK bagi Calon Penerima NUPTK saat ini masih saja ada beberapa guru yang belum mengetahui untuk mengumpulkan berkas pengajuan nuptk dan proses upload data berkas di vervalptk. Dari sinilah peran penting bagi Oprator Sekolah untuk mengetahui CARA DAN SYARAT PENGAJUAN NUPTK dan memberikan informasi kepada guru tersebut untuk mengikut proses pengajuan nuptk.

Bagi bapak dan ibu guru, Operator sekolah melalui postingan ini akan saya uraikan CARA DAN SYARAT PENGAJUAN NUPTK dibawah ini agar dapat dipersiapkan secara mandiri untuk mengikuti proses pengajuan nuptk:

Syarat Proses Pengajuan NUPTK bagi Calon Penerima NUPTK

  1. KTP 
  2. Ijazah SD
  3. Ijazah SMP
  4. Ijazah SMA
  5. Ijazah S1
  6. SK
Untuk SK di sini di uraikan menjadi beberapa SK
  1. SK Yayasan
  2. SK Kepala Sekolah
  3. SK Keterangan Mengajar
  4. SKBM
Catatan: 
Dari Berkas yang saya sebutkan diatas, bapak dan ibu harus merubah file ke dalam bentuk pdf, terutama untuk bagian SK ini tidak boleh di pisah, dan harus 1 file PDF yang memiliki kapasitas tidak boleh lebih dari 1000rb KB, di usahakan 100/200kb untuk di upload proses pengajuan NUPTK. Untuk memperkecil ukuran SK silahkan di google secara online banyak untuk mengkompres ukuran pdf menjadi lebih kecil.

Adapun untuk Guru Sekolah Negeri yang membedakan hanya SK Yayasan, dimana Sekolah Negeri harus menggunakan SK Bupati atau SK Gubernur. Akan tetapi menjadi keuntungan bagi guru di sekolah negeri untuk proses pemberkasan SK nya sedikit berbeda dengan guru sekolah swasta. Yaitu dari segi berapa tahun mengumpulkan SK tersebut.?

Kalo di sekolah Swasta bisanya mengambil 3 tahun kebelakang dan untuk sekolah Negari bisanya 2 tahun kebelakang. Dan semua itu di serahkan tergantung kebijakan masing-masing kabupaten/kota untuk proses calon pengajuan nuptknya.

Untuk Syarat Proses Pengajuan NUPTK bagi Calon Penerima NUPTK silahkan bapak ibu hubungi operator sekolah agar dapat mengecek di situs vervaptk. karena login di vervalptk ini hanya operator sekolah yang mengetahui email dan password sebagai pemengang email dapodik dan yang lainnya.

Demikianlah, semoga dari postingan tentang Syarat Proses Pengajuan NUPTK bagi Calon Penerima NUPTK dapat membantu bagi bapak dan ibu guru, operator sekolah untuk mengikuti proses pengajuan nuptk di sekolah masing-masing. Teriakasih.

Untuk lebih jelasnya saya sediakan video berikut ini:

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator *

Previous Post Next Post